Warung Online
goopel
Info Lowongan Kerja Terbaru

Wednesday, September 19, 2012

Mengelompokkan Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya postheadericon

Posted by rindang darka | Pada 11:23 AM

Perangkat Lunak merupakan kumpulan/susunan program yang dapat membantu pengoperasian sebuah komputer yang mana program tersebut adalah kelompok suruhan untuk melaksanan suatu tugas yang dapat mempermudah pekerjaan penggunanya. Keragaman jenis-jenis perangkat lunak disebabkan oleh keragaman jenis-jenis pekerjaan manusia. Dari seian banyak perangkat lunak yang beredar saat ini, dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu:
  • Sistem Operasi (Operating System)
  • Bahasa Pemograman (Program Language)
  • Program Aplikasi (Application Programme)
  • Program Utilities (Utility Programme)

A. Sistem Operasi
Sistem Operasi (Operating System) adalah software yang mengatur operasi-operasi dasar komputer. Sistem operasi mengendalikan beberapa diantaranya, bagaimana memori dibagi, bagaimana tugas-tugas ditangani, bagaimana informasi mengalir dari dank e prosesor utama, bagaimana data dikirim ke printer untuk dicetak dan ke layar untuk ditampilkan, dan bagaimana informasi diterima dari keyboard. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (control) serta mengkoordinasikan penggunaan perangkat keras untuk berbagi program aplikasi untuk bermacam-macam penggunaan.

Jenis-Jenis Sistem Operasi:
1. DOS (Disk Operating System)
2. UNIX
3. Microsoft Windows
4. Apple Mac OS
5. Linux

B. Bahasa Pemograman
Adalah bahasa komputer yang digunakan untuk merancang dan membangun program oleh seorang programmer. Program yang dibuat terdiri dari baris-baris perintah berupa kode-kode dan perintah khusus sesuai dengan bahasa yang dipakai. Jenis-jenis bahasa pemograman terbagi berdasarkan tingkat kesulitannya, yaitu:
1. Bahasa Generasi Pertama, misalnya bahasa mesin
2. Bahasa Generasi Kedua, misalnya bahasa Assembler
3. Bahasa Generasi Ketiga, misalnya Pascal, C+, Cobol, Visual Basic, Fortran
4. Bahasa Generasi Keempat, misalnya Java, SQL, Dhelpi

C. Program Aplikasi
Program Aplikasi diciptakan untuk membantu melaksanakan berbagai jenis pekerjaa manusia. Jenis-jenis program aplikasi terbagi berdasarkan fungsinya yaitu:
  1. Program Aplikasi Perkantoran; berfungsi mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan tabel, perhitungan angka, perhitungan rumus-rumus sederhana, presentasi, dan surat menyurat. Misalnya, Microsoft Word, Microsoft Excel, Powerpoint, Pagemaker, openoffice, dan lain-lain
  2. Program Aplikasi Akuntansi; berfungsi mengerjakan perhitungan akuntansi seperti membuat jurnal, neraca, hingga ke buku besar. Program yang termasuk kedalam aplikasi akuntansi ini misalnya General Ledger, Myob, Doc Easy Accounting, Oracle, dan lain-lain
  3. Program Grafik: berfungsi menggambar objek, membuat bangun, menyunting photo dan lain sebagainya. Program yang masuk dalam kategori ini misalnya Corel Draw, Photoshop, Autocad dan lain-lain
  4. Program Internet: adalah program yang berhubungan dengan pengoperasian internet. Misalnya Internet Explorer, Gogole Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Netscape Navigator, Netscape Messenger, Opera, Advercast, mIRC, Scoop, Yahoo Chat, Google, Yahoo Search, MSN, Apche, My SQL, PHP, Filezilla dan lain sebagainya.
D. Program Utility
Program yang berukuran kecil yang berfungsi menyelesaikan tugas yang lebih spesifik. Kadang disebut juga dengan program tools. Jenis program Utility terbagi berdasarkan fungsinya yaitu:
  1. Utility Backup: Program ini berfunsi membuat file cadangan di komputer. Jenis-jenis program ini misalnya iomega Quicksync, Disk Backup, Tune Up Utilities, Mini Tools Partition.
  2. Utility Viewer; Program ini berfungsi menampilkan gambar di layar. Jenis-jenis program ini misalnya Slow Viewer, Irvan Viewer.
  3. Utility Audio & Video: berfungsi menangani fasilitas multimedia. Jenis-jenis program ini misalnya Sybex Wind DVD, Power DVD, Windows Media Player, VLC, KM Player, Flash Player, Quick Player, AIMP, GOM Player.
  4. Utility Kompressi: Program ini berfungsi mengubah ukuran file menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Jenis-jenis program ini misalnya Winzip, Winrar, Ace Winace, Any Video Converter, All Office Converter.
  5. Utility Image: Program ini berfungsi membuat CD Virtual (bayangan). Jenis-jenis program ini misalnya Norton Ghost, HD Copy, Ultra ISO.
  6. Utility Recovery: Program ini berfungsi mengembalikan program sistem apabila sistem komputer mengalami kerusakan. Jenis-jenis program ini misalnya Tool Recovery, GoBack, Recovery Genius, Easy Recovery, Final Data, RAR Password Recovery.
  7. Utility Security: Program ini berfungsi melindungi komputer dari serangan virus, hacker, program mata-mata (Spy), Worm, dan program-program perusak lainnya. Jenis-jenis program ini misalnya Norton, MC. Afee, Pcililin, Smadav, Avira, Folder Lock.
  8. Utility CD/DVD Maker: Program ini berfungsi mengendalikan suatu file untuk diinput ke Compact Disc atau Dual Video. Jenis-jenis program ini antara lain Ultra ISO, Ashampoo, Nero.
  9. Utility Download: adalah program yang berfungsi untuk mendownload suatu file dari sebuah alamat URL di internet. Jenis program ini antara lain IDM (internet Download Manager), Youtube Downloader.

Terimakasih Atas Kesempatannya Membaca....
Copyright © 2011. Sahabat Teknologi . All Rights Reserved